Cara Mengganti dan Memasang Floor Drain

12 Juni 2021

Floor drain adalah saringan pada lubang pembuangan air di kamar mandi yang bukan hanya berfungsi untuk menyaring kotoran, tetapi juga sisa-sia bekas cucian agar tidak menyumbat di saluran pembuangan. Namun sama seperti perlengkapan kamar mandi pada umumnya, floor drain juga rentan rusak.

Penyebab kerusakan floor drain antara lain:

1. Mampet atau tersumbat akibat banyaknya sampah yang gagal tersortir dan masuk ke lubang pembuangan. Biasanya karena rambut rontok yang menumpuk dan mengakibatkan floor drain gagal berfungsi.

2. Patah akibat terhantam benda keras atau karena gigitan tikus. Umumnya risiko ini terjadi pada floor drain yang terbuat dari bahan plastik.

3. Karatan sehingga sulit untuk menyaring air dan sisa kotoran dari kamar mandi. Umumnya terjadi pada floor drain yang terbuat dari material logam.

Floor drain yang rusak akan mengakibatkan banyak masalah, seperti kamar mandi menjadi bau, dan saluran pembuangan air jadi tersumbat. Sebelum kerusakannya semakin parah, segera ganti dengan floor drain baru. Kamu bisa menggantinya dengan floor drain dari Germany Briliant yang memiliki banyak keunggulan, antara lain:

- Menggunakan sistem teknologi kemagnetan yang berfungsi menutup buka saluran buang secara otomatis. Katup magnet terbuka pada saat air mengalir dan tertutup pada saat air sudah mengering.

- Teknologi smart drain pada saringan pembuangan air mampu meminimalisir masalah serangga dan bau pada kamar mandi yang ditimbullkan oleh pipa saluran pembuangan.

- Wadah penutup atau mangkuk floor drain bisa diisi dan divariasikan dengan semen atau keramik sesuai tema kamar mandi.

Setelah menemukan floor drain yang cocok untuk kamar mandi kamu, segera ganti floor drain yang lama dengan yang baru. Cara mengganti dan memasang floor drain juga cukup mudah. Yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Floor drain atau saringan lantai kamar mandi dari Germany Brilliant

2. Pasir dan semen secukupnya

3. Ember dan sendok adukan semen

4. Pahat dan palu

5. Sarung tangan

Langkah-langkah mengganti dan memasang floor drain:

- Bongkar floor drain lama yang rusak menggunakan pahat dan palu, lalu bersihkan area bekas pemasangan floor drain lama. Saat membongkar, pastikan tidak ada material bobokan yang masuk ke dalam lubang pembuangan karena akan menyumbat saluran pembuangan air.

- Buat adukan semen dan pasir secukupnya. Tempelkan adukan ke sekitar bibir lubang saluran pembuangan.

- Ambil floor drain dan masukkan bagian bawahnya ke lubang pembuangan, tekan dan ratakan ke adukan semen.

- Tutup bagian pinggir floor drain dengan adukan semen, rapikan. Saat semen setengah kering, taburkan semen kering ke atasnya, tunggu hingga benar-benar kering.

- Pada wadah floor drain, lapisi dengan semen dan tambahkan potongan keramik seukuran wadah. Akan lebih cantik jika potongan keramiknya berwarna senada atau sesuai tema kamar mandi.

- Taruh wadah di atas floor drain yang sudah mengering. Floor drain pun telah terpasang dan siap digunakan.

Itulah cara mengganti dan memasang floor drain Germany Brilliant pada kamar mandi. Dengan teknologi smart drain, tampilan yang fashionable, serta garansi resmi, floor drain Germany Brilliant adalah pilihan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Penulis: DN


Kembali ke Daftar Artikel