Artikel

JENIS-JENIS SHOWER KAMAR MANDI YANG BISA DIJADIKAN PILIHAN

23 Maret 2024

Salah satu ciri khas kamar mandi modern adalah menggunakan shower. Perlengkapan sanitasi ini bukan hanya dianggap sebagai aksesoris atau pelengkap kamar mandi, melainkan pilihan tepat untuk menunjang kenyamanan saat mandi.

Jika dibandingkan dengan bak mandi, pemeliharaan shower tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan, pemasangannya lebih mudah. Penggunaan shower juga menjadi langkah kecil kita untuk menghemat air di lingkungan sekitar.

Shower menjadi pilihan yang tepat bila ukuran kamar mandi Anda tidak terlalu besar atau minimalis. Umumnya, shower terbagi menjadi dua tipe, yaitu hand shower dan head shower. Namun, seiring berjalannya waktu, ada banyak inovasi yang bisa dilakukan, termasuk hadirnya spout keran dan jet washer yang menjadi satu kesatuan dari desain shower terbaru.


Shower set GBV37B-BM GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jika akan menggunakan shower, Anda perlu cermat dalam memilihnya. Sebab, pemilihan shower tidak hanya berfokus pada fungsinya saja, melainkan juga fitur-fitur yang dimilikinya. 

Komponen utama pada shower kamar mandi adalah semprotan air itu sendiri. Mungkin terkesan sepele, tetapi semprotan tersebut berperan penting untuk menjadi sinyal bahwa shower tersebut berfungsi dengan baik. Selain untuk membersihkan tubuh, shower juga berperan sebagai sarana pijat dan relaksasi.

Ada berbagai jenis shower kamar mandi yang tersedia di pasaran. Harganya pun beragam, sesuai dengan jenis dan fitur yang dimiliki. Beberapa di antaranya pun memiliki tombol pengontrol pancaran air yang keluar.

Lalu, apa saja jenis-jenis shower kamar mandi yang perlu Anda ketahui?

1. Shower bathtub


Shower bathtub GBV1388A-B GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Sesuai namanya, shower bathtub dipasang di dekat bathtub kamar mandi. Biasanya, terdapat dua input atau jenis aliran air, yaitu aliran air panas dengan memutar tuas keran ke kiri dan air dingin dengan memutar tuas keran air ke kanan.

Jenis shower ini bisa menggunakan keran single maupun kerang cabang. Namun, kebanyakan menggunakan kerang cabang untuk mengalirkan air ke spout keran dan hand shower maupun head shower. Bahkan, saat ini banyak shower bathtub yang sudah memiliki shelf untuk meletakkan alat mandi dan gantungan spons mandi.

2. Standing shower


Standing shower GBV1899I GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Standing shower umumnya juga digunakan pada bathtub kamar mandi. Lalu, apa bedanya dengan shower bathtub? Tempat pemasangan dan komponen shower itu sendiri. Shower bathtub umumnya dipasang menempel pada dinding kamar mandi, sementara standing shower letaknya didirikan di luar bathtub. Kemudian, standing shower umumnya terdiri dari hand shower dan spout keran, sementara shower bathtub ada yang terdiri dari spout keran, hand shower, dan head shower.

3. Shower set


Shower set GBV37B-BM GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Shower set adalah jenis yang tergolong lengkap karena memiliki tiga aliran air, yaitu dari head shower, hand shower, dan spout keran. Jenis shower ini bisa menjadi pilihan tepat jika ukuran kamar mandi Anda tidak terlalu luas atau minimalis.

Karena dilengkapi dengan tiga aliran air, maka shower ini bisa memberikan sensasi mandi yang berbeda-beda. Head shower dapat memberikan sensasi mandi yang menyegarkan, hand shower digunakan untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh, dan spout keran dapat digunakan untuk mengisi bak mandi, cuci kaki, maupun wudhu.

4. Shower tanam


Shower tanam GBB1021H-W+F01-W GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jenis shower lainnya yang perlu diketahui adalah shower tanam atau dalam istilah lain dikenal dengan shower in wall. Shower tanam memiliki beberapa kelebihan, salah satunya membuat kamar mandi menjadi lebih praktis dan terkesan bersih.

Sesuai namanya, shower tanam berada di dalam dinding. Artinya, hanya kepala shower yang nampak dan dipasang sesuai dengan tempat yang diinginkan. Pastikan kepala shower dipasang dengan tepat karena bisa menyebabkan fungsi shower menjadi tidak optimal. Pastikan juga sambungan instalasi pipa sudah terpasang erat untuk mengurangi risiko kebocoran.

Setelah mengetahui jenis shower yang akan digunakan pada kamar mandi hunian Anda, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih shower. Baca selengkapnya di : TIPS MEMILIH SHOWER YANG TEPAT DAN IDEAL UNTUK HUNIAN ANDA

Semoga bermanfaat, ya!

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel