Artikel

WAJIB DIBACA, INI TIPS MEMILIH KLOSET DUDUK YANG BENAR

03 Maret 2024

Duduk di kloset mungkin menjadi rutinitas yang dilakukan sebagian orang setelah seharian beraktivitas. Mereka mengungkap, kebiasaan ini menjadi cara yang tepat untuk melepas penat dan lelah yang dirasakan. Sobat GB begitu juga, nggak?

Jika Anda termasuk salah satunya, artinya kloset yang digunakan harus tepat dan nyaman! Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai jenis kloset duduk dengan berbagai jenis fitur yang ditawarkan, seperti sistem penyiraman otomatis, seat cover yang soft closing, terdapat suhu pada dudukan kloset, dan sebagainya.


Smart closet GBC-IS007BL by GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Terlepas dari fitur yang ditawarkan, Anda perlu bijak dan cermat dalam memilih kloset. Jangan sampai, hal-hal penting lainnya terlewati dan berujung kloset tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika membeli kloset.

Yuk, simak tips memilih kloset duduk yang benar dan tepat berikut ini: Tips Memilih Closet

1. Pemilihan bahan dasar yang tepat


Smart closet GBC-IS008W by GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Umumnya, kloset menggunakan bahan dasar keramik yang sudah di-glazur. Pilihlah keramik yang berkualitas dan tebal. Sebab, berat body kloset itu sendiri akan dipengaruhi oleh ketebalan bahan dasar yang digunakan. Kenapa harus di-glazur? Untuk memberikan kesan mengkilap, elegan, dan higienis.

2. Ukuran yang tepat

Ukuran kloset pada kamar mandi juga penting. Jangan sampai, posisi dan ukuran kloset membuat kamar mandi jadi lebih sempit. Perhatikan juga jarak lubang AS. Cara mengukur jarak lubang AS adalah dihitung dari dinding ke tengah lubang menggunakan meteran. Jarak lubang AS pun bervariasi. Mulai dari 15 cm, 22 cm, 23 cm, 25 cm, 30 cm, dan 50 cm. Anda juga perlu memperhatikan instalasi pipa pembuangan air kotor.

3. Jenis kloset

Sebelum membeli, ada beberapa jenis kloset yang perlu diketahui, seperti:

  • One-piece closets


One-piece closet GBC-IS006EVB by GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Ini adalah jenis kloset yang jika dilihat secara kasat mata tangki airnya menyatu pada badan kloset. Walaupun lebih berat dan sedikit mahal, jenis kloset ini memiliki beberapa keunggulan, seperti mudah dipasang, tidak mudah bocor, dan mudah dibersihkan.

  • Two-piece closets


Two-piece closet GBC-TW050A by GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Jenis ini berbanding terbalik dengan one-piece closets, yakni memiliki tangki yang terpisah dengan badan kloset. Bagian pipanya tersembunyi sehingga terkesan lebih rapi dan mudah dibersihkan.

  • Wall-hung closets

Ciri khas jenis kloset ini adalah menempel dan menggantung pada dinding dan tangkinya tertanam di dalam dinding. Kloset gantung ini direkomendasikan untuk bangunan kamar mandi yang tidak terlalu luas atau bergaya minimalis.

  • Smart closets


Smart closets GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Saat ini juga tersedia kloset pintar tanpa tangki yang menggunakan teknologi sistem mekanikal. Misalnya saja menggunakan suhu pada bagian dudukan kloset, seat cover yang soft closing dan buka tutup otomatis, serta automatic flushing.

Sistem flushing kloset juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu single button flushing dan dual flushing. Biasanya, kloset yang memiliki dual flushing sudah menggunakan sistem penghematan air sehingga untuk aktivitas buang air kecil dapat menggunakan tombol flush kecil, sementara saat buang air besar menggunakan tombol flush besar untuk penyiramannya.


Dual flushing di kloset GB Sanitaryware. (Dok/GB Sanitaryware)

Sistem pembilasan kloset pun terdiri dari dua konsep, yaitu wash down dan cifonic. Sistem putaran wash down artinya pembilasan terjadi langsung dari pusat air dan mengalir ke bawah, sementara pada konsep cifonic sistem pusat air berputar dari atas ke bawah.

4. Kesesuaian desain

Pastikan desain kloset yang dipilih sesuai dengan kamar mandi Anda. Ada kloset yang berbentuk bulat dan persegi. Pilihlah kloset yang minim lekukan agar mudah dibersihkan hingga ke sela-sela kloset.

5. Ketersediaan suku cadang

Jangan lupa tanyakan ketersediaan suku cadang. Perlu diketahui, kloset memiliki berbagai jenis sparepart yang dibutuhkan. Jika terjadi kendala pada salah satu bagiannya dan suku cadang tidak tersedia, maka fungsi kloset tidak akan maksimal.

6. Garansi dan SNI

Pastikan juga kloset yang dipilih bergaransi dan bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Keduanya akan menguntungkan konsumen. Jika terjadi kendala, konsumen dapat langsung menghubungi customer care melalui layanan pelanggan dan free of charge. Sertifikat SNI pun membuat konsumen lebih aman dan nyaman saat menggunakan produk tersebut.

Semoga membantu, ya!

 

 

 

Penulis : Nathasya Elvira


Kembali ke Daftar Artikel